Air Mata Ibu

Ibu menangis. Air mata mengucur di pipinya yang cekung. Ketika itu aku
baru selesai berdzikir setelah mengimaminya. Tasbih ditangannya terus
berputar, bersama dzikir yang terus terlantun dari bibirnya. Ibu khusyuk
dalam isak dan deraian air mata. “Kenapa Ibu menangis?” pertanyaan itu terpaksa kusimpan. Aku tidak akan mengganggu Ibu yang masih khusyuk dengan dzikir. Aku memikirkan berbagai kemungkinan penyebab menangisnya Ibu. Mungkinkah kematian Bapak? Tapi, bukankah kematian Bapak sudah lama sekali? Sudah lima tahun. Atau karena tanah kuburan Bapak yang tidak mendapat izin untuk dibeton dan hanya boleh didirikan batu nisan. Hal itu tidak akan membuat Ibu menangis. Aku sangat mengenal Ibu. Ibu paling tidak menyukai hal-hal yang berbau kemewahan. Ibu selalu ingin menginginkan kesederhanaan.
Kenapa Ibu menangis? Sayang aku sangat jarang pulang dan tidak bertemu Ibu
setiap hari. Hingga aku kurang mengetahui keadaan Ibu belakangan ini.
Mungkin ada suatu persoalan yang membebaninya… Read the rest of this entry »

Mangkuk yang Cantik, Madu dan Sehelai Rambut

Rasulullah SAW, dengan sahabat-sahabatnya Abakar r.a., Umar r.a., Utsman r.a., dan ‘Ali r.a., bertamu ke rumah Ali r.a. Di rumah Ali r.a. istrinya Sayidatina Fathimah .ha. putri Rasulullah SAW menghidangkan untuk mereka madu yang diletakkan di dalam sebuah mangkuk yang cantik, dan ketika semangkuk madu itu dihidangkan sehelai rambut terikut di dalam mangkuk itu. Baginda Rasulullah SAW kemudian meminta kesemua sahabatnya untuk membuat suatu perbandingan terhadap ketiga benda tersebut (Mangkuk yang cantik, madu, dan sehelai rambut).

Abubakar r.a. berkata, “iman itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini, orang yang beriman itu lebih manis dari madu, dan mempertahankan iman itu lebih susah dari meniti sehelai rambut”.

Umar r.a. berkata, “kerajaan itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini, seorang raja itu lebih manis dari madu, dan memerintah dengan adil itu lebihsulit dari meniti sehelai rambut”.

Utsman r.a. berkata, “ilmu itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini, orang yang menuntut ilmu itu lebih manis dari madu, dan ber’amal dengan ilmu yang dimiliki itu lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

Ali r.a. berkata, “tamu itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini, menjamu tamu itu lebih manis dari madu, dan membuat tamu senang sampai kembali pulang ke rumahnya adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

Fatimah r.ha.berkata, “seorang wanita itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yang cantik, wanita yang ber-purdah itu lebih manis dari madu, dan mendapatkan seorang wanita yang tak pernah dilihat orang lain kecuali muhrimnya lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

Rasulullah SAW berkata, “seorang yang mendapat taufiq untuk ber’amal adalah lebih cantik dari mangkuk yang cantik ini, ber’amal dengan ‘amal yang baik itu lebih manis dari madu, dan berbuat ‘amal dengan ikhlas adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

Malaikat Jibril AS berkata, “menegakkan pilar-pilar agama itu lebih cantik dari sebuah mangkuk yang cantik, menyerahkan diri; harta; dan waktu untuk usaha ugama lebih manis dari madu, dan mempertahankan usaha agama sampai akhir hayat lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

Allah SWT berfirman, ” Sorga-Ku itu lebih cantik dari mangkuk yang cantik itu, nikmat sorga-Ku itu lebih manis dari madu, dan jalan menuju sorga-Ku adalah lebih sulit dari meniti sehelai rambut”.

“Sampaikanlah daripadaku walaupun sepotong ayat..” (hadith)

Love start with a smile :)

Love starts with a smile, grows with a kiss, and ends with a tear.

Don’t cry over anyone who won’t cry over you.
If love isn’t a game, why are there so many players?
Good friends are hard to find, harder to leave, and impossible to forget.
You can only go as far as you push!
Actions speak louder than words.
The hardest thing to do is watch the one you love, love somebody else.
Don’t let the past hold you back, you’re missing the good stuff.
Life’s short. If you don’t look around once in a while you might miss it.
A best friend is like a four leaf clover, hard to find and lucky to have.
Some people make the world special by just being in it.
Best friends are the siblings God forgot to give us.
When it hurts to look back, and you’re scared to look ahead, you can look
beside you and your best friend will be there.
True friendship never ends.
Friends are forever.

Good friends are like stars….you don’t always see them, but you know
they are always there.
Don’t frown, you never know who is falling in love with your smile.

What do you do when the only person who can make you stop crying is the
person who made you cry?

Nobody is perfect until you fall in love with them.
Everything is okay in the end. If it’s not okay, then it’s not the end.

Most people walk in and out of your life, but only friends leave
footprints in your heart.

cerita kape edisi2

pertamina

minggu-minggu  kami kape di pertamina terminal BBM depot rewulu diisi dengan sesuatu yang menggelitik,, setelah minggu pertama diisi dengan jalan-jalan diseputar kawasan aman yang mengharuskan kami memakai jaket yang mirip dengan tukang parkir dan Helm keamanan serta sepatu yang kerasnya minta ampun ini ..

yuk cekibrott gan, penampakan kita pas memakai jaket ala tukang parkir, Helm perkasa dan sepatu yang terbuat dari besi ini

poto mantab

minggu kedua kita disini diisi dengan mencari objek yang bisa di foto,, objek yang kita pilih juga tidak jauh2 amat. yakni masih di dalam area aman pertamina rewulu.. seperti area rumah pompa, area pengisian BBM, area tangki, area pipa dan masih banyak lagi. Yang paling suka kalo jalan2 sepetti ini adalah Rifki karena dia emang anaknya sedikit autis. Maklum lah dia emang yang paling kecil diantara kita.

*kecil disini berarti umur yah :ngakak

ya,, sebenarnya kalo kita mau banyak sekali yang dipelajari disini.,. belom apa2 aja kita sudah disuruh belajar tentang automatic tank gauging (ATG) , Valve, dan Pompa.. kita sudah di uji ilmu fisikanya ketika di tanya oleh pak Bambang yang menjabat sebagai kepala distribusi peramina rewulu seputar berapa putaran motor per meneit, putaran pompa permenit, ane sendiri ngakan gan, pas yang ditanya itu mesti kearah hunaifa, ane sendiri juga bingung.. maklumlah dikampus ane emang males belajar,, lagian ilmu seperti itu nggak dipelajari di kampus. Alhasil kalo ditanya kita selalu mencari celah untuk menghindar,, :ngakak

ini beberapa foto kita pas dipertamina rewulu

setyo pas liat meter arus gan

setyo dan meter arus

otis sama hun lagi liat hardwarenya ATG

hun otis

pertamina dari atas

pertamina

Sekarang ahamdulillah sudah memasuki minggu ke3 kita kape di pertamina rewulu.. kita sudah mulai menyusun laporan.. doakan yah gan biar kita kape disini gak lama2.. cukup 25 hari aja :ngakak

11 musuh kepribadian kita

Ternyata kita punya musuh dalam diri kita sendiri.. banyak malah nggak cuma 1 ada 11 coba.. yuk kita cek langsung apa musuh yang bersembunyi didalam diri kita ini :
1.Rasa Marah

Rasa gejolak yang datang dari diri sendiri terhadap lingkungan.
Coba bersabar dan kendalikan, kadang tidak semua yang kita inginkan bisa terwujud. Cara mengendalikan : Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung lalu hembuskan perlahan melalui mulut, lakukan secara teratur sampai timbul rasa lega. kalo belum kunjung reda, coba lampiaskan kemarahan melalui tulisan di atas kertas.

2.Takut

Perasaan yang timbul apabila kita merasa tidak mampu menghadapi sesuatu peristiwa yang terjadi.
Sugesti yang seakan-akan membisikkan kita bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, padahal kenyataannya belum tentu seperti itu. Cara mengendalikan : Berpikir positif dan bayangkan bahwa semua akan berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan.

3.Kikir/Pelit

Rasa susah memberikan sesuatu pada orang lain.
Rezeki sudah ada yang mengatur, jadi kita tidak mungkin rugi memberikan sebagian milik kita, bahkan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain, mungkin ada balasan yang lebih berharga dari sesuatu yang kita berikan kepada orang lain. Cara mengendalikan : Lihat dari sisi hati nurani anda, tapi jangan mudah tertipu oleh penampilan orang lain.

4.Ragu

Bimbang atau bingung atau tidak ada suatu tekad yang bulat untuk melakukan sesuatu.
Hidup adalah pilihan, tetapi dalam memilih harus dipikirkan terlebih dahulu. Salah dalam memilih dapat mengakibatkan suatu penyesalan. Cara mengendalikan : Pilih baik atau buruknya dengan pikir panjang. Read the rest of this entry »

cerita tentang kape (jilid 1)

wah,, bener2 kape yang telat. itulah yang ada dibenak ku saat menginjak awal bulan maret..

kami pejuang kape yang telah berusaha mencari tempat kape sampai kemana-mana yang terdiri dari 3 anak busuk bernama Rifki Reza Aditya, Hunaifa Dzulfikri dan Saya sendiri Setyo Wirawan.. Sudah tak terhitung berapa jumlah proposal yang telah terkirim baik lewat jalur pos maupun dengan jalur kaki (Langsung menuju perusahaan dengan muka memelas).Diawali dengan mengajukan Kape sebelum KKN berakhir ato mungkin sekitar bulan agustus.. entah mengapa kita bertiga malah Kape dibulan maret.. (Tapi mungkin cerita yang diseknariokan Allah itu indah. Semoga Kape telat tetep pas kerja tepat waktu dan dapat kerjaan yang cocok tanpa berjuang mondarmandir sebagai job seeker. :D )

Bulan Agustus kalo tidak salah kami mengajukan ke Siemens,, ntah gara2 apa kita malah gak jadi Kape disitu,, kemudian perjuangan berlanjut ke Indofood, Charoen, Philips, Paiton dan masih bayak lagi.. (*sampai2 dosen pembimbing bosen menandatangani proposal kami)

Akhirnya pada awal februari kita mengajukan ke pertamina Rewulu jalan wates yogyakarta. Hal pertama yang saya ucapkan saat itu adalah alhamdulillah.. :)

kemudian stelah mununggu hampir 1 bulan akhirnya kita Kape disini.. :)

pertmina

hmm, itulah awal perjuangan kape disini.. untuk kisah Kape kami bertiga tunggu postingan saya berikutnya

6 pertanyaan Ghozali

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam  Al Ghozali mengajukan 6 pertanyaan.
Pertama,”Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”.
Murid-muridnya ada yang menjawab orang tua, guru, teman,dan kerabatnya.  Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu benar. tetapi yang paling  dekat  dengan kita adalah  “MATI”. Sebab itu sudah janji Allah SWT bahwa setiap yang bernyawa pasti  akan mati. (Ali Imran 185)
Pertanyaan kedua “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”.
Murid -muridnya ada yang menjawab negara Cina, bulan, matahari, dan  bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang  mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar adalah MASA LALU.  Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari  yang  akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

Read the rest of this entry »

forum tegal bersodara

Tegal emang yahud.. Kota kecil ini mulai menancapkan kukunya lebih dalam di tanah ibu pertiwi ini tanah Indonesia.. Setelah terkenal dengan wartegnya, artis2 yang berasal dari tegal juga sekarang tegal mulai mencoba peruntungan barunya dengan membuat forum warga tegal yang bernama Tegalcyber.org ini merupakan forum tegal di dunia maya selain forum2 tegal yang sudah ada di dunia nyata

berikut adalah linknya http://tegalcyber.org/

semoga setelah adanya forum ini akan membuat tegal makin mendunia lagi :D
buktikan pada dunia bahwa kita orang tegal juga melek internet..

24 Selingan dalam Hidup

apa itu selingan?? selingan itu biasanya cuma selipan ato suatu yang hanya terselip dalam kegiatan kita,, dalam kehidupan, selingan atau selipan itu ada.. dan pada post kali ini saya akan menyampaikan 24 selipan dalam kehidupan kita. berikut ini selingannya:

1. Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya,  sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula  tertarik kepada kekayaannya,  karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada  seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya  senyum yang dapat membuat  hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu  menemukan orang seperti itu.

2. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat
merindukan seseorang, sehingga ingin hati menjemputnya
dari alam mimpi dan memeluknya dalam
alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

3. Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan,
pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah
seperti yang kamu inginkan, karena
kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan
untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

4. Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup
untuk membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk
membuatmu kuat, kesedihan yang cukup
untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup
untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk
membeli hadiah-hadiah.

5. Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang
lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu
lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat
pintu lain yang dibukakan bagi kita.

6. Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk
berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan
sepatah katapun, dan kemudian
kamu meninggalkannya dengan perasaan telah
bercakap-cakap lama dengannya.
Read the rest of this entry »

Sequensial atau parallel kah hidupku???????

Wah ini elins banget pokoknya,, suatu kehidupan dimisalkan dengan suatu rangkaian. Hmmm, hidup ini sebenarnya emang mirip dengan rangkaian elektronika. Banyak sekali jalur jalur kehidupan yang telah kita tempuh sehingga kadang diperlukan jumper untuk mengatasi jalur kehidupan agar tidak bertubrukan. Dalam urusan mengerjakan tugas, pekerjaan tergantung sifat manusianya. Ada yang tipenya mengerjakan tugas secara sequensial maupun parallel. Yang dimaksud sequensial disini adalah dia diberi banyak tugas dan dia menyelesaikan tugasnya satu persatu, dengan kata lain sebelum tugas 1 selesai dia tidak akan mengerjakan tugas ke-2, begitupula ketiga dia mengerjakan tugas ke-3 dia harus menyelesaikann tugas ke-2 terlebih dahulu. Sedangkan tipe yang kedua adalah tipe parallel, yakni yang mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Tipe ini masih dibagi menjadi 3 macam, tipe parallel yang sukses, tipe parallel yang cukup sukses dan tipe parallel yang gagal.  Saya sendiri merupakan seorang mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah, kerja dll dengan tipe parallel yang cukup sukses. Dalam posisi sebagai mahasiswa saya tidak hanya dituntut untuk belajar tapi juga mencari pengalaman baik lewat bekerja sampingan, maupun PKM dan kegiatan organisasi lainnya.  Kadang untuk bekerja dengan type parallel kita perlu suatu konsentrasi tingkat tinggi karena pikiran kita dibagi beberapa macam pekerjaan. Dan untuk menyelesaikannya perlu ada skala prioritas yang harus diperhatikan. Misal ketika ada 3 pekerjaan yang harus diseleseaikan dengan deadline masing masing 2 minggu ,  2 hari dan 3 minggu maka saya  akan mengerjakan pekerjaan dengan deadline yang paling dekat dulu. Jika memang bisa diparalel saya akan parallel. Tapi tetap pekerjaan dengan deadline yang paling cepat yang diutamakan. Bagi saya tipe pengerjaan tugas seperti itu cuku[ berhasil bagi saya walaupun kadang tetap ada pekerjaan yang kacau dan lebih dari jadwal deadline untuk pengerjaannya.

Kalender
December 2017
M T W T F S S
« Mar    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
ym